Latihan Kurban SD Negeri 01 Seloromo Idul Adha 1440 H ~ SDN 01 SELOROMO -->
UNGGUL PRESTASI, LUHUR BUDI PEKERTI, BERKARAKTER, BERWAWASAN LINGKUNGAN

Latihan Kurban SD Negeri 01 Seloromo Idul Adha 1440 H

by in 0


Latihan kurban di setiap sekolah kini telah menjadi tradisi saat hari raya Idhul Adha. Banyak sedikitnya hewan kurban yang disembelihpun tergantung pada kemampuan gotong royong peserta didik. Yang tentunya, atas bimbingan dari para guru  terutama guru agama Islam.
Di SD Negeri 01 Seloromo misalnya, latihan kurban dijadikan agenda tahunan.  Diharapkan, peserta didik mampu mengambil hikmah sebagai perwujudan cinta kasih terhadap sesama. selain itu kegiatan Latihan Berkurban ini juga bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, agar siswa dapat mengetahui dan menghayati makna Idul Adha. Sehingga pendalaman, pemahaman, maupun amaliyah para siswa dalam hal keagamaan semakin meningkat. Sehingga para pesertada didik, semakin memiliki kesadaran untuk berbagi. Selain itu juga kegiatan tesebut sebagai pelatihan bagi para siswa tentang penyembelihan hewan kurban, karena pada saatnya kelak mereka akan terjun di masyarakat." ujar Ketua Panitia Suharno, S.Pd disela kegiatan latihan kurban di halaman sekolah Senin Pagi (12/08).


Menurut dia, pembelajaran dilakukan sejak dini agar siswa-siswi bisa memetik hikmah dari kegiatan yang sudah dilaksanakan. Pelaksanaan diikuti langsung oleh para siswa sehingga para siswa dapat merasakan langsung, mulai dari proses pembelian, pemotongan, pengulitan, tetelan, cincang, hingga proses memasaknya. “40 persen dilaksanakan oleh siswa sedangkan guru pembimbing 60 persen dalam pelaksanaan kegiatan ini,” terangnya.
Seperti tahun sebelumnya, lanjut Suharno, S.Pd, Pada Idul Adha 1440 H di SD Negeri 01 Seloromo mengorbankan 2 ekor kambing. Satu ekor berasal dari gotong royong para siswa, sedangkan satu ekor lainnya berasal dari iuran para tenaga pendidik dan kependidikan SD Negeri 01 Seloromo. “Kami tidak ingin tersiar kabar, kalau latihan kurban ini hanya untuk jor-joran para guru. Para guru dan karyawan karyawati juga iuran, karena kami lebih mementingkan penanaman Pendidikan karakter memalui latihan kurban,” tandasnya.


Kepala Sekolah SD Negeri 01 Seloromo Suminem, S.Pd.SD mengaku bangga dengan semangat para siswa mengikuti kegiatan latihan kurban. Termasuk keberhasilannya mengumpulkan dana gotong royong dari 94 siswa. kegiatan latihan kurban sudah menjadi tradisi. Dan menjadikan anak-anak senang sekaligus tidak phobia terhadap darah. “Anak-anak dengan semangat mencincang, netheli daging tanpa canggung,” terangnya.
Ketua Panitia Suharno, S.Pd menjelaskan, daging-daging yang telah dibungkus sebagian dibawa pulang oleh para siswa usai kegiatan latihan kurban dilakasanakan, Karena sifatnya hanya berupa latihan kurban. 


Adapun kegiatan Latihan berkurban ini, meskipun bukan tergolong kegiatan kurban sungguhan, agar terus dapat dilaksanakan untuk proses pembelajaran Di SD Negeri 01 Seloromo.


Leave a Reply