Contoh Kurikulum 2013 SD/MI Tahun Pelajaran 2019/2020 ~ SDN 01 SELOROMO -->
UNGGUL PRESTASI, LUHUR BUDI PEKERTI, BERKARAKTER, BERWAWASAN LINGKUNGAN

Contoh Kurikulum 2013 SD/MI Tahun Pelajaran 2019/2020

by in 0


Peralihan sistem pemerintahan dari sentralisasi ke desentralisasi telah menjadikan perubahan paradigma berbagai unsur penyelenggaraan pemerintahan, termasuk dalam bidang pendidikan. Hal ini telah  mendorong adanya perubahan dari berbagai aspek pendidikan termasuk kurikulum. Dalam kaitan ini kurikulum sekolah dasar juga menjadi perhatian dan pemikiran baru sehingga mengalami berbagi perubahan kebijakan.
Pendidikan nasional yang berdasarkan pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak dan perilaku bangsa Indonesia  yang bermartabat dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa  kepada Tuhan Yang Maha Esa , berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis, serta bertanggung jawab.
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan Undang- Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 36 Ayat (2) ditegaskan bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diverifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik. Atas dasar pemikiran itu maka dikembangkanlah apa yang dinamakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Kurikulum yang digunakan di SD Negeri 01 Seloromo, UPT PUD NFI dan SD Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar adalah kurikulum 2013 sudah melaksanakan kurikulum 2013 yang berbasis karakter dan kompetensi yang mewajibkan anak untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang terpadu sebagai suatu konsep sebagai sebuah sistem atau pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberapa disiplin ilmu untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan luas kepada peserta didik. Dikatakan bermakna artinya di dalam kurikulum merupakan konsep terpadu dan perserta didik akan mempelajari secara utuh dan realistis, sedangkan dikatakan luas karena yang akan mereka peroleh tidak hanya dalam satu ruang lingkup disiplin saja melainkan semua lintas disiplin karena dipandang berkaitan satu sama lain.
Tim Penyusun Kurikulum SD Negeri 01 Seloromo telah menyusun kurikulum SD Negeri 01 Seloromo sebagai pedoman dan acuan penyelenggaraan pendidikan. Dalam kurikulum tersebut sudah mencakup segala kebijakan yang mengatur tentang penyelenggaraan di SD Negeri 01 Seloromo, Kecamatan Jenawi, Kebupaten Karanganyar. Dengan demikian guru diharapkan dapat memberikan kontribusi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah.
Pada tahun pelajaran 2019/2020 SD Negeri 01 Seloromo, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar telah menyelenggarakan Kurikulum 2013 pada  kelas I s.d VI. Sebagai sekolah sasaran kurikulum 2013, maka dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan scientifik yang berpusat pada siswa (Students centered). Pada pelaksanaan kurtilas diharapkan pendidik dapat menciptakan suatu pembelajaran aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan dengan menyesuaikan kompetensi yang dimiliki siswa.
Penyempurnaan kurikulum yang berkelanjutan merupakan keharusan agar kurikulum selalu sesuai dengan tuntutan kebutuhan. Kurikulum SD Negeri 01 Seloromo mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Sehingga dapat mencetak out put yang berkwalitas dan berkarakter. Pada jenjang pendidikan dasar bertujuan untuk meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Dengan demikian Kurikulum SD Negeri 01 Seloromo merupakan acuan bagi perwujudan sekolah yang efektif, produktif, dan berprestasi.
Kurikulum SD Negeri 01 Seloromo, Kecamatan Jenawi, dikembangkan sebagai perwujudan dari kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Kurikulum ini disusun oleh satu tim penyusun yang terdiri atas unsur sekolah dan komite sekolah di bawah koordinasi dan supervisi dari Tim Pengembang kurikulum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar,  serta dengan bimbingan nara sumber dari Tim Bimbingan Teknis Pengembangan Kurikulum 2013 ditingkat Pendidikan Dasar, Pusat Kurikulum, Balitbang Departemen Pendidikan Nasional,  Jakarta.
Kurikulum ini merupakan sebuah dokumen yang akan diimplementasikan sebagai panduan proses pembelajaran, baik di kelas maupun di luar kelas. Pembelajaran hendaknya berlangsung secara efektif dan efisien yang mampu membangkitkan aktivitas dan kreativitas peserta didik. Dalam hal ini para pelaksana kurikulum dituntut untuk melaksanakannya sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan masing-masing daerah. Kabupaten Karanganyar sebagai daerah pertanian dan wisata, maka kurikulum hendaknya disusun sesuai dengan kondisi tersebut, yang selanjutnya diimplementasikan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Para pendidik hendaknya juga mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan bagi peserta didik, sehingga peserta didik merasa nyaman dalam belajar.

Link Download Contoh Kurikulum 2013 SD/MI Tahun Pelajaran 2019 / 2020 :



Leave a Reply