Ekstrakurikuler Rebana ~ SDN 01 SELOROMO -->
UNGGUL PRESTASI, LUHUR BUDI PEKERTI, BERKARAKTER, BERWAWASAN LINGKUNGAN

Ekstrakurikuler Rebana

by in 1




Pendidikan merupakan faktor utama dalam pembentukkan pribadi manusia. Pendidikan sangat berperan dalam membentuk baik atau buruknya pribadi manusia menurut ukuran normatif. Menyadari akan hal tersebut, pemerintah sangat serius menangani bidang pendidikan, sebab dengan system pendidikan yang baik diharapkan muncul generasi penerus bangsa yang berkualitas dan mampu menyesuaikan diri untuk hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Bangsa yang berkualitas adalah bangsa yang maju pendidikannya. Karena pendidikan adalah penentu sebuah bangsa menjadi berkembang dan berkualitas.
Sebagai lembaga pendidikan formal, sekolah mempunyai peranan yang besar dalam perkembangan individu peserta didik, dilingkungan sekolah. Sekolah adalah lembaga yang bersifat komplek dan unik, bersifat komplek karena sekolah sebagai organisasi yang mana di dalamnya terdapat berbagai dimensi yang satu sama lainnya saling berkaitan dan saling menentukan. Sedangkan sifat unik, menunjukkan bahwa sekolah sebagai organisasi yang memiliki ciri-ciri tertentu yang tidak dimiliki oleh organisasi lain. Ciri-ciri
yang menempati sekolah memiliki karakter tersendiri dimana terjadi proses belajar mengajar untuk perkembangan potensi umat manusia. Sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan tetapi tidak hanya berfungsi sebagai tempat mentransfer ilmu pengetahuan pada siswa, melainkan juga dituntut untuk dapat merangsang siswa dalam
mengembangkan potensi-potensinya. Dengan begitu siswa dapat mengembangkan kreativitasnya sesuai dengan potensi yang dimilikinya dan juga dapat menerima serta memahami kekurangan dan kelebihan yang ada pada diri peserta didik tersebut.

Reformasi pendidikan merupakan respon terhadap perkembangan tuntutan global sebagai suatu upaya untuk mengadaptasikan sistem Pendidikan yang mampu mengembangkan sumber daya manusia untuk memenuhi tuntutan zaman yang sedang berkembang. Melalui reformasi pendidikan, pendidikan harus berwawasan masa depan yang memberikan jaminan bagi perwujudan hak-hak azasi manusia untuk mengembangkan seluruh potensi dan prestasinya secara optimal guna kesejahteraan hidup di masa depan, dan meningkatkan mutu pendidikan.
Guna meningkatkan minat dan bakat peserta didik khususnya peserta didik Sekolah Dasar, maka perlu diadakannya suatu kegiatan di luar jam pelajaran yang mengarahkan minat dan bakat peserta didik tersebut. Kegiatan yang di maksud adalah kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler ini selain merupakan kegiatan rutinitas sekolah diluar jam pelajaran, juga merupakan ajang penggemblengan peserta didik sesuai minat dan bakat peserta didik masing-masing tanpa tekanan, namu bersifat sukarela. Sekolah memiliki misi yang seimbang antara akademik dan non akademik. Bidang akademik mengharapkan ketuntasan pembelajaran sementara non akademik sekolah mempunyai target berkembangnya bakat pribadi peserta didik serta mampu bersaing dalam lomba-lomba non akademik antar Sekolah Dasar minimal sampai tingkat Kecamatan. Dari uraian di atas maka SD Negeri 01 Seloromo memiliki program kegiatan ekstrakurikuler yang disesuaikan dengan minat dan bakat peserta didik serta sesuai dengan agenda kegiatan lomba non akademik khususnya pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Jenawi.
adapun yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di SD Negeri 01 Seloromo adalah sebagai berikut :
1.    Undang-undang no. 20 Tahun 2003 Tentang Sistim Pendidikan Nasional
2.    Peraturan Meneteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar
3.    Misi SD Negeri 01 Seloromo
4.    Keputusan bersama Kepala Sekolah SD Negeri 01 Seloromo
Maksud dan tujuan kegiatan ekstrakurikuler di SD Negeri 01 Seloromo adalah sebagai berikut :
1.    Menyaring dan mengembangkan minat dan bakat peserta didik
2.    Berpartisipasi aktif dalam program Pendidikan Nasional dalam pengembangan diri peserta didik
3.    Memepersiapkan peserta didik siap bersaing dalam ajang perlombaan non akademik
Budaya rebana yang telah mengakar di Indonesia sudah selayaknya dilestarikan. Bukan hanya karena budaya rebana memiliki unsur musikalitas di dalamnya, namun ada unsur religius dan pesan moral yang disampaikan.
SD Negeri 01 Seloromo memiliki ekstrakulikuler rebana yang bisa menjadi ajang bagi siswa/siswi untuk menyalurkan minat dan bakatnya dalam bermusik yang disertai nuansa religius. Dipilihnya ekstrakulikuler rebana menjadi salah satu ekstrakulikuler di SD Negeri 01 Seloromo bukan tanpa alasan. Rebana merupakan salah satu kegiatan yang sarat makna karena selain melatih siswa/siswi dalam bermusik, namun adanya nuansa religius dalam rebana sehingga cocok bagi anak-anak yang tidak hanya mahir dalam bermusik, namun juga peningkatan kadar keimanan dan ketaqwaan.
Ekstrakulikuler rebana yang dibimbing oleh guru – guru SD Negeri 01 Seloromo telah memiliki satu set alat rebana lengkap. Kegiatan ekstrakulikuler ini merupakan ekstrakulikuler yang wajib diikuti siswa/siswi. Karena prestasi ekstrakulikuler rebana SD Negeri 01 Seloromo yang cukup baik sehingga banyak siswa/siswi tertarik untuk mengikuti ekstrakulikuler ini. Kegiatan ini bisa diikuti siswa/siswi kelas V dan VI.


One Response to “Ekstrakurikuler Rebana”