Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan HARDIKNAS Kecamatan Jenawi Di Lapangan Seloromo ~ SDN 01 SELOROMO -->
UNGGUL PRESTASI, LUHUR BUDI PEKERTI, BERKARAKTER, BERWAWASAN LINGKUNGAN

Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan HARDIKNAS Kecamatan Jenawi Di Lapangan Seloromo

by in 0



Pelaksanaan upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional di Kecamatan Jenawi kali ini sedikit berbeda, upacara yang biasanya diadakan di lapangan Sinar Lawu Desa Balong kali ini di dipindahkan di lapangan Desa Seloromo, Jenawi, Karanganyar, Jawa Tengah. Upacara yang dilaksanakan pada Rabu (2/5/2018) didominasi busana tradisional jawa yaitu kebaya dan juga beskap.
Para petugas upacara terlihat mengenakan beskap dan kebaya dalam upacara yang bertemakan ‘Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan’ itu.
Upacara juga melibatkan sejumlah siswa dari SD hingga SMA dari berbagai sekolah di wilayah Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, sebagai peserta upacara. Dan juga para guru-guru yang bertindak sebagai petugas upacara termasuk sebagai paduan suaranya.

Dalam kesempatan itu, camat Jenawi Bapak RUSMANTO, SH, M.M yang bertindak sebagai pembina upacara, membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.
Sambutan itu salah satunya menyinggung revolusi industri 4.0 yang bertumpu pada cyber physical. Revolusi 4.0 dinilai telah mengubah peri kehidupan masyarakat Indonesia.
“Mau tidak mau, dunia pendidikan dan kebudayaan harus terus menerus menyesuaikan dengan perubahan tersebut,” kata RUSMANTO, SH, M.M membacakan sambutan Mendikbud.
Selain itu juga disinggung soal Kesejahteraan para guru, terutama  guru honorer masih menjadi sorotan dalam memperingati hari pendidikan nasional tahun 2018 ini. diapun mengakui jika pendidikan di Karanganyar mengalami peningkatan.
Namun disisi lain, masih terdapat sejumlah catatan memprihatinkan yang membutuhkan perbaikan dan pembenahan.
Sejumlah catatan tersebut, menurutnya, diantaranya tingkat kesejahteraan para guru honorer. Dari hasil kunjungan ke sekolah-sekolah, lanjutnya, para tenaga honorer bidang pendidikan ini, masih perlu mendapatkan perhatian yang serius dari pemerintah kabupaten (Pemkab) Karanganyar.


 
 

“ Para tenaga honorer bidang pendidikan ini, harus menjadi perhatian serius Pemkab Karanganyar. Penghasilan yang mereka dapatkan, masih jauh dari yang diharapkan. Untuk itu, kami minta kepada pemkab Karanganyar, memperhatikan kesejahteraan mereka,” katanya.
Selain kesejahteraan guru honorer, infrastruktur sekolah juga dinilai masih perlu perbaikan.
“ Kami masih menemukan sejumlah sekolah  atau ruang kelas yang masih tidak layak. Bahkan masih ada fasilitas yang masih kurang, seperti laboratorium. Kami juga meminta kepada Pemkab Karanganyar agar segera dilengkapi,” ujarnya.
Sementara itu, ditemui usai upacara hari pendidikan nasional di alun-alun, Kepala Dinas Pendidikan nasional Karanganyar, Tarsa, mengatakan, sampai saat ini, Dinas pendidikan masih kekurangan guru PNS, terutama guru sekolah dasar (SD).
Untuk menutup kekurangan guru tersebut, menurut Tarsa, proses belajar mengajar, didukung oleh tenaga honorer.
“ Kita memang kekurangan tenaga guru, terutama untuk sekolah dasar. Untuk  menutup kekurangan tersebut, kita dibantu oleh tenaga honorer, meskipun honor yang mereka terima belum mencukupi,” katanya.
Pihaknya terus berupaya agar untuk meningkatkan kesejahteraan para guru honorer ini, salah satunya dengan menganggarkan honor melalui APBD.
 


Usai upacara, rangkaian acara peringatan dilanjutkan dengan penyerahan piala kepada sejumlah siswa-siswi dan guru berprestasi yang salah satunya di wakili oleh siswa siswi dan juga guru SD Negeri 01 Seloromo.



Leave a Reply