Download Perangkat Pembelajaran PJOK K13 Revisi 2018 SD/MI Kelas I - VI Semester 1 dan 2
by SDN 01 SELOROMO in Download, Soal dan Adminitrasi Kelas 1, Soal dan Adminitrasi Kelas 2, Soal dan Adminitrasi Kelas 3, Soal dan Adminitrasi Kelas 4, Soal dan Adminitrasi Kelas 5, Soal dan Adminitrasi Kelas 6 0
Keberhasilan
pembelajaran pendidikan
jasmani olahraga dan
kesehatan
(Penjasorkes) di sekolah dipengaruhi oleh berbagai faktor,
antara lain: prasarana dan
sarana, dana, kurikulum, materi yang diajarkan,
metode yang digunakan,
dan kualitas pendidik itu
sendiri. Salah satu faktor yang sangat strategis dalam meningkatkan
pembelajaran di
sekolah adalah kualitas pendidik. Karena itu,
kualitas pengetahuan
dan keterampilan
seorang pendidik akan berpengaruh terhadap
kualitas peserta didiknya (siswa). Sesuai amanat UU Sisdiknas tahun
2003 bahwa untuk mencapai sasaran dari
tujuan
Pendidikan
Nasional, pemerintah
telah menetapkan Standar Pendidikan
Nasional (SPN) antara lain: (1) Standar Isi, (2)
Standar Proses, (3) Standar
Kompetensi Lulusan, (4) Standar Pendidikan dan
Tenaga Kependidikan, (5) Standar
Sarana dan
Prasarana, (6) Standar Pengelolaan,
(7) Standar Pembiayaan Pendidikan, dan (8) Standar
Penilaian Pendidikan.
Hadirnya kurikulum
2013 sebagai
pengganti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) diyakini akan membawa perubahan yang lebih baik terutama dari
aspek afektif. Berbagai pertimbangan telah
dilakukan. Dalam implementasi
Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan
(KTSP) tahun 2006, masih
dijumpai beberapa masalah, antara lain:
konten
kurikulum masih terlalu
padat yang
ditunjukkan dengan banyaknya mata pelajaran dan banyak materi yang keluasan dan tingkat
perkembangan usia
anak, kurikulum
belum sepenuhnya berbasis
kompetensi sesuai dengan
tuntutan fungsi dan tujuan pendidikan
nasional, kompetensi belum menggambarkan secara holistik domain sikap, keterampilan,
dan pengetahuan,
beberapa kompetensi yang dibutuhkan sesuai
dengan
perkembangan keperluan ( misalnya pendidikan karakter, metodologi
pembelajaran aktif, keseimbangan soft skills dan hard skills,
kewirausahaan)
belum terakomodasi di dalam
kurikulum, kurikulum belum peka dan tanggap
terhadap perubahan sosial yang terjadi pada
tingkat local, nasional, maupun global, standar pembelajaran belum menggambarkan urutan
pembelajaran yang
rinci sehingga membuka
peluang penafsiran yang beraneka ragam dan berujung
pada pembelajaran yang berpusat pada guru, standar
penilaian belum belum mengarahkan pada penilaian
berbasis kompetensi (proses dan
hasil) dan belum secara tegas menuntut adanya remidiasi
secara berkala, serta dengan
menggunakan KTSP memerlukan
dokumen kurikulum yang lebih rinci agar
tidak menimbulkan multi tafsir.
Dalam melaksanakan proses
pembelajaran seorang pendidik wajib memiliki perangkat pembelajaran, yang
dimaksud perangkat pembelajaran sendiri adalah dalam KBBI (2007: 17), perangkat
pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang
memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran.
Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi pendidik dalam melaksanakan
pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas. Dalam Perturan
menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses
Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat
pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan
pembelajaran dibuat dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi.
Dan melakasanakan perencanaan pembelajaran harus dilakukan penyediaan media
atau peraga untuk mempermudah pendidik melakukan pengajaran serta dapat menarik
perhatian siswa dalam proses belajar mengajar di kelas maupun di luar kelas dan
sumber belajar juga sangat diperlukan, perangkat penilaian untuk mengetahui
tingkat keberhasilan siswa, dan skenario pembelajaran.
Perangkat
pembelajaran yang kami sediakan meliputi :
Silabus merupakan suatu rincian detail
tentang rencana mengajar pendidik yang disusun dalam kelompok tema atau mata
pelajaran tertentu, Komponen dari silabus antara lain Kompetensi Inti/Standar
Kompetensi (KI/SK), Kompetensi Dasar (KD), Indikator untuk Kompetensi, materi
pembelajaran, waktu, Penilaian, dan Sumber Belajar yang digunakan. Manfaat
yang dapat dihasilkan dalam pembuatan suatu silabus adalah : Bermanfaat sebagai
hal yang utama yang menjadi sumber acuan dalam menyusun Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), Pendidik lebih mudah memetakan ragam variasi pembelajaran
yang akan dituangkan ke dalam RPP, Pendidik lebih mudah dalam memetakan
indicator-indikator pencapaian belajar yang harus dicapai oleh siswa, Pendidik
lebih mudah dalam merancang bentuk-bentuk penilaian dari setiap indikator yang
ingin dicapai.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), adalah hal wajib yang harus dipegang pendidik sebelum
melaksanakan pembelajaran. RPP merupakan perangkat yang berisi prosedur dan
pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu atau beberapa kompetensi
dasar. Lingkup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran mencakup satu atau beberapa
kompetensi dasar yang terdiri dari satu atau beberapa indikator untuk 1 (satu)
kali pertemuan atau lebih. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sekurang-kurangnya
memuat tujuan pembelajaran, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator
Pencapaian Kompetensi, materi ajar, metode pengajaran, sumber
belajar,langkah-langkah pembelajaran dan penilaian hasil belajar.
Program
Tahunan yaitu sebuah
perencanaan untuk menetapkan waktu dalam satu tahun untuk mencapai tujuan (SK
dan KD) yang telah ditetapkan.Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh
kompetensi dasar yang ada didalam sebuah kurikulum seluruhnya dapat dicapai
oleh peserta didik.
Program
Semester/Prosem pengajaran
yang harus dicapai selama satu semester atau 6 bulan, selama periode ini
diharapkan para siswa menguasai pengetahuan, sikap dan keterampilan sebagai
satu kesatuan utuh
Jurnal
Harian.adalah buku
catatan harian pendidik, jurnal harian sangat diperlukan bagi para pendidik
untuk menjadi panduan mengajar dimana para pendidik dapat mengevaluasi dirinya
apakah materi yang diberikan mudah dipahami dan apakah tercapai atau apa yang
menjadi kekurangan, apakah pada pertemuan berikut materi hari ini bisa
diberikan lagi.
KKM
(Kriteria Ketuntasan Minimal) adalah Kriteria yang paling rendah untuk menyatakan peserta
didik mencapai ketuntasan. Pendidik dalam menetapkan KKM harus
mempertimbangkan tiga aspek kriteria, yaitu kompleksitas, daya dukung, dan
intake peserta didik.
Pemetaan
SD KD sangat berguna
untuk mencapai target pembelajaran.
Berikut Link Download Perangkat Pembelajaran PJOK K13 Revisi 2018 :
Perangkat Pembelajaran PJOK K13 Revisi 2018 SD/MI Kelas 1
Jurnal Harian Kelas 1 Semester 1 dan Semester 2
KKM Kelas 1 Semester 1 dan Semester 2
Program Semester Kelas 1 Semester 1 dan Semester 2
Program Tahunan Kelas 1 Semester 1 dan Semester 2
RPP Kelas 1 Semester 1 dan Semester 2
Silabus Kelas 1 Semester 1 dan Semester 2
Perangkat Pembelajaran PJOK K13 Revisi 2018 SD/MI Kelas 2
Jurnal Harian Kelas 2 Semester 1 dan Semester 2
KKM Kelas 2 Semester 1 dan Semester 2
Program Semester Kelas 2 Semester 1 dan Semester 2
Program Tahunan Kelas 2 Semester 1 dan Semester 2
RPP Kelas 2 Semester 1 dan Semester 2
Silabus Kelas 2 Semester 1 dan Semester 2
Perangkat Pembelajaran PJOK K13 Revisi 2018 SD/MI Kelas 3
Jurnal Harian Kelas 3 Semester 1 dan Semester 2
KKM Kelas 3 Semester 1 dan Semester 2
Program Semester Kelas 3 Semester 1 dan Semester 2
Program Tahunan Kelas 3 Semester 1 dan Semester 2
RPP Kelas 3 Semester 1 dan Semester 2
Silabus Kelas 3 Semester 1 dan Semester 2
Perangkat Pembelajaran PJOK K13 Revisi 2018 SD/MI Kelas 4
Jurnal Harian Kelas 4 Semester 1 dan Semester 2
KKM Kelas 4 Semester 1 dan Semester 2
Program Semester Kelas 4 Semester 1 dan Semester 2
Program Tahunan Kelas 4 Semester 1 dan Semester 2
RPP Kelas 4 Semester 1 dan Semester 2
Silabus Kelas 4 Semester 1 dan Semester 2
Perangkat Pembelajaran PJOK K13 Revisi 2018 SD/MI Kelas 5
Jurnal Harian Kelas 5 Semester 1 dan Semester 2
KKM Kelas 5 Semester 1 dan Semester 2
Program Semester Kelas 5 Semester 1 dan Semester 2
Program Tahunan Kelas 5 Semester 1 dan Semester 2
RPP Kelas 5 Semester 1 dan Semester 2
Silabus Kelas 5 Semester 1 dan Semester 2
Perangkat Pembelajaran PJOK K13 Revisi 2018 SD/MI Kelas 6
Jurnal Harian Kelas 6 Semester 1 dan Semester 2
KKM Kelas 6 Semester 1 dan Semester 2
Program Semester Kelas 6 Semester 1 dan Semester 2
Program Tahunan Kelas 6 Semester 1 dan Semester 2
RPP Kelas 6 Semester 1 dan Semester 2
Silabus Kelas 6 Semester 1 dan Semester 2