Contoh Kurikulum KTSP Tahun Pelajaran 2016/2017 ~ SDN 01 SELOROMO -->
UNGGUL PRESTASI, LUHUR BUDI PEKERTI, BERKARAKTER, BERWAWASAN LINGKUNGAN

Contoh Kurikulum KTSP Tahun Pelajaran 2016/2017

by in 0




Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang senantiasa mengiringi langkah kita sampai selesainya penyusunan Kurikulum SD Negeri 01 Seloromo, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Kami juga mengucapkan terima kasih atas kerja keras segenap komponen di SD Negeri 01 Seloromo, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar sehingga Kurikulum dapat diwujudkan.

Implementasi Undang–undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dijabarkan ke dalam sejumlah peraturan, antara lain Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Pemerintah tersebut memberikan arahan tentang perlunya disusun dan dilaksanakan 8 (delapan) standar nasional pendidikan, yaitu Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Pendidik, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan dan Standar Penilaian Pendidikan.

Dengan adanya standar kompetensi dan standar isi, maka setiap satuan pendidikan berkewajiban untuk membuat Kurikulum. Penyusunan Kurikulum yang sudah dibuat untuk dilaksanakan memungkinkan satuan pendidikan dapat mengoptimalkan program-program pendidikannya sesuai dengan kebutuhan dan potensi yang ada pada satuan pendidikannya.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan merupakan kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing–masing satuan pendidikan. Oleh sebab itu SD Negeri 01 seloromo Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar berusaha menyusun dengan orientasi pada situasi dan kondisi lingkungan dengan menerima berbagai masukan dari semua pihak.

Kami sangat memahami bahwa Kurikulum SD Negeri 01 Seloromo, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik, saran dan masukan dari segenap komponen yang peduli terhadap pendidikan demi perbaikan Kurikulum SDN 01 Seloromo masa yang akan datang.Berdasarkan hasil validasi, monitoring dan evaluasi disertai bimbingan pelaksanaan penyusunan Kurikulum Sekolah Dasar secara terpadu dengan memperhatikan :
  1. Pedoman penyusunan KTSP dari BNSP
  2.  Prinsip dasar pengembangan KTSP 
  3. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi 
  4. Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian 
  5. Saran dan pendapat Stakeholders Pendidikan 
  6. Hasil penyusunan Kurikulum 
  7. Permendikbud No. 20 Tahun 2016 tentang SKL 
  8. Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi 
  9. Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses 
  10. Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian
Dengan ini Kepala UPT, PUD, NFI dan SD Kecamatan Jenawi dan Pengawas TK/SD merekomendasikan Kurikulum Sekolah Dasar Negeri 01 Seloromo Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Untuk divalidasi oleh Tim Pengembang Kurikulum Kabupaten Karanganyar serta mendapat pengesahan oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga Kabupaten Karanganyar.


Untuk yang menginginkan full versinya bisa download disini :
> KTSP 2016


Leave a Reply