Contoh Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan Jenjang SD/MI TP 2023/2024 (KOSP) ~ SDN 01 SELOROMO -->
UNGGUL PRESTASI, LUHUR BUDI PEKERTI, BERKARAKTER, BERWAWASAN LINGKUNGAN

Contoh Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan Jenjang SD/MI TP 2023/2024 (KOSP)

by in , 0

 

Penyusunan kurikulum operasional di satuan pendidikan SD Negeri 01 Seloromo disesuaikan dengan kekhasan, kondisi dan pontensi daerah Kabupaten Karanganyar dengan menyelaraskan kondisi satuan pendidikan dan karakteristik peserta didik dalam satuan pendidikan. Dalam pengembangannya, kurikulum operasional sekolah akan mengacu pada capaian pembelajaran yang telah disusun oleh pusat dan diterjemahkan dalam alur tujuan pembelajaran yang dikonkretkan dalam proses pembelajaran dan penilaian.

Penyusunan dan pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan SD Negeri 01 Seloromo berfokus kepada pemenuhan kebutuhan peserta didik dengan mengembangkan kompetensi dalam perubahan kehidupan abad ke-21 yang memuat ciri khas dan potensi lokal sekolah. SD Negeri 01 Seloromo berlokasi pada daerah pedesaan yang berjarak dari Kecamatan 4 km dan dari pusat Kabupaten Karanganyar 27 km Pengembangan ekonomi, pertanian dan pariwisata dengan keterjangkauan lokasi yang mudah ditempuh dengan sarana transportasi yang ada. Lingkungan sekolah pun berada dekat dengan sarana kesehatan, olahraga dan keagamaan sehingga menjadi salah satu kekuatan pendukung dalam proses pembelajaran.

Latar belakang peserta didik berasal dari lingkungan sekitar sekolah dengan latar belakang dari keluarga majemuk, pada tingkat ekonomi menengah ke atas dengan sarana prasarana yang cukup memadai dalam keluarga. Dengan latar belakang asal pendidikan dari Taman Kanak-kanak, dan juga dari keluarga. Dengan jumlah siswa laki-laki 56 dan Siswa perempuan 52 Jumlah 108. Tetapi memiliki motivasi dan semangat belajar yang tinggi. Dengan aneka bakat, minat dan potensi, mendukung proses pembelajaran baik intrakurikuler, ko kurikuler maupun ekstrakurikuler. Latar belakang keagamaan yang mayoritas bahkan hingga 100% adalah peserta didik beragama Islam. Secara sosial budaya, peserta didik memiliki latar belakang orang tua yang berbeda budaya yang disebabkan dari sebagian orang tua merupakan petani dan karyawan dengan tempat tinggal sebagai penduduk desa. Berdasarkan perbedaan latar belakang tersebut maka memperkuat alasan Profil Pelajar Pancasila mampu diimplemetasikan secara utuh di SD Negeri 01 Seloromo dengan motto ”Kebhinekaan dalam Harmonisasi.

 

Untuk mendukung pembelajaran SD N 01 Seloromo dengan pendidik dan tenaga kependidikan sudah memeiliki kualifikasi  ijasah S1 dan  linier. Terdiri dari 1 Kepala Sekolah, 6 orang guru kelas,1 orang guru Penjasorkes, 1 orang  guru Pendidikan Agama islam dan budi Pekerti, 1 orang tenaga adminitrasi, , dan 1 orang penjaga sekolah. Jumlah guru ASN 5 orang, P3K 2 orang dan GTT 2 orang.

Sarana prasarana SD Negeri 01 Seloromo   memiliki luas lahan 1342 m2, dengan luas halaman sekolah 490 m2. Ruang Kantor Kepala Sekolah dan guru. Ruang kelas 6 ruang, 1 ruang Perpustakaan, 1 ruang  mushola, 1 ruang kantin, MCK guru 2 buah dan MCK siswa 4 buah. Dengan memiliki jaringan internet berkekuatan 6 mbps dan komputer sejumlah 2 buah, LCD 3 buah.

Komite dan orang tua sangat peduli dan memeliki kesadaran serta perhatian terhadap pendidikan anak-anaknya. Dukungan dari orang tua juga sangat tinggi dengan berbagai bentuk partisipasi dalam kegiatan akademik, seni, olah raga maupun kerohanian.

Tujuan akhir capaian pembelajaran yang terintegrasi dengan Profil Pelajar Pancasila secara umum adalah untuk membentuk karakter peserta didik untuk menumbuhkan iman, takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, mandiri, berkebhinekaan global,  bernalar kritis, bergotong royong dan kreatif dengan mengakomodasi keragaman yang ada.

 

Tujuan Penyusunan Kurikulum Operasional

1.      memandirikan dan memberdayakan satuan pendidikan melalui pemberian kewenangan (otonomi) kepada lembaga pendidikan atau satuan pendidikan dan mendorong sekolah untuk melakukan pengambilan keputusan secara partisipatif dalam pengembangan kurikulum.

2.      Peningkatan iman dan takwa serta akhlak mulia Keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia menjadi dasar pembentukan kepribadian peserta didik secara utuh. Kurikulum dikembangkan yang memungkinkan semua mata pelajaran dapat menunjang peningkatan iman dan takwa serta akhlak

3.       Peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik. Kurikulum dikembangkan agar memungkinkan pengembangan keragaman potensi, minat, kecerdasan intelektual, emosional, spritual, Dokumen 1 – Kurikulum dan kinestetik peserta didik secara optimal sesuai dengan tingkat perkembangannya.

4.      Tuntutan pembangunan daerah dan nasional Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan keseimbangan tuntutan pembangunan daerah dan nasional.

5.      Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni Kurikulum dikembangkan secara berkala dan berkesinambungan sejalan dengan perkembangan dengan teknologi dan seni.

6.       Dinamika perkembangan global Kurikulum dikembangkan agar peserta didik mampu bersaing secara global dan dapat hidup berdampingan dengan bangsa lain

7.      Persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan Kurikulum dikembangkan untuk mendorong wawasan dan sikap kebangsaan dan persatuan nasional untuk memperkuat keutuhan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

8.      Sebagai pedoman penyelenggaraan pembelajaran di SD Negeri 01 Seloromo  Kurikulum dikembangkan sesuai dengan visi, misi, tujuan, kondisi, dan cirikhas sekolah.

9.      Sebagai pedoman penyelenggaraan pembelajaran, Kurikulum dikembangkan untuk dijadikan pedoman kegiatan pembelajaran baik intrakurikuler, pembelajran Proyek maupun ekstrakurikuler di SD 01 Seloromo termasuk didalamnya untuk penyusunan RPS danRKT/ RKAS Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah.

Landasan Hukum Kurikulum

Landasan yuridis dalam penyusunan kurikulum operasional di satuan pendidikan SD Negeri 01 Seloromo mengacu pada Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional sebagai arah tujuan pendidikan sekolah. Landasan hukum penyusunan Kurikulum Operasional)

1.          Undang undang No 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional

2.          Peraturan Pemerintah (PP) 4 tahun 2022 tentang perubahan atas PP No 57 tahun 2021

 Standar Nasional Pendidikan

3.          Peraturan Presiden No 87 tahun 2017 tentang Pendidikan Karakter 

4.          kepmendikbudristek No. 262/M/2022 tentang perubahan atas kepmendikbudristek No. 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran.

5.          Keputusan Kepala BSKAP No. 033/H//KR/2022 tentang Perubahan atas Keputusan Kepala BSKAP No. 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan PAUD, Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah pada Kurikulum Merdeka.

6.          Keputusan Kepala BSKAP  No. 009/H/KR/2022 tentang Dimensi  Elemen, dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila

7.          Permendikbud No 62 tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Menengah, 

8.          Permendikbudristek No 5 tahun 2022 tentang Standar Kelulusan ( SKL )

9.          Permendikbudristek No. 7 tahun 2022 tentang Standar Isi

10.   Permendikbudristek No. 16 tahun 2022 tentang Standar Proses.

11.   Permendikbudristek No. 21 tahun 2022 tentang Standar Penilaian

12.   Keputusan Kadisdikprov Jawa Tengah No 423.5/04678 tahun 2022 tentang Pedoman Kurikulum Mulok Bahasa Jawa.

13.   Surat Edaran Bupati No. 421/ 3.047.4 tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan pada Satuan Pendidikan di Kabupaten Karanganyar.

Landasan filosofis sebagai dasar penyusunan kurikulum operasional di satuan pendidikan SD Negeri 01 Seloromo adalah dengan mempertimbangkan norma, nilai, etika, dan budaya bangsa sebagai akar pengembangan pendidikan yang akan tumbuh membentuk pendidikan berkelanjutan. Generasi penerus agar tetap menjadi generasi penjaga kelestarian budaya namun peka terhadap perkembangan zaman. Pengalaman belajar menjadi kebutuhan utama dalam menguasai kompetensi memenuhi kebutuhan. Peserta didik merupakan pewaris budaya bangsa yang memiliki karakter iman dan taqwa dan berbudi pekerti luhur, mengakui kebhinekaan global,gotong royong kreatif, mandiri dan inovatif sesuai minat bakat yang mengembangkan kecerdasan spiritual, intelektual, dan kinestetik.

Berdasarkan landasan tersebut, SD Negeri 01 Seloromo  dengan kekuatan, kemampuan dan keinginan dengan memperhatikan suara (voice), pilihan (choice) dan kepemilikan (onwnershiep) murid untuk selalu ingin berkembang, berharap akan menjawab tantangan pendidikan, dengan membentuk peserta didik sebagai agen Profil Pelajar Pancasila yang memiliki kemampuan intelektual, kemampuan berkomunikasi, sikap sosial, kepedulian, dan berpartisipasi untuk membangun kehidupan masyarakat dan bangsa yang lebih baik (experimentalism and social reconstructivism).

 

Untuk Versi Lengkapnya Silahkan Download Pada Link Di Bawah :

Cover KSOP Kurikulum Merdeka

KSOP Kurikulum Merdeka TP 2023/2024

Instrumen Verifikasi KSOP TP 2023/2024

SK Pembagian Tugas

Struktur Kurikulum

Cover KSOP Kurtilas 2023/2024

KSOP Kurtilas TP 2023/2024 

Pengaturan Waktu Belajar

Leave a Reply