Download Contoh Kurikulum Darurat Masa Pandemi Covid 19 Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2021/2022 ~ SDN 01 SELOROMO -->
UNGGUL PRESTASI, LUHUR BUDI PEKERTI, BERKARAKTER, BERWAWASAN LINGKUNGAN

Download Contoh Kurikulum Darurat Masa Pandemi Covid 19 Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2021/2022

by in 0

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan,isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.  
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 36 ayat (1) menyatakan bahwa “Pengembangan Kurikulum dilakukan dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional,” dan ayat (2) menyebutkan bahwa “Kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik.” Pasal 38 ayat (2) menyatakan bahwa “Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah dikembangkan sesuai dengan relevansinya oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan dan Komite Sekolah/ madrasah di bawah koordinasi dan supervisi Dinas Pendidikan. Sejak keluarnya PP. No. 19 Tahun 2005 secara resmi penyusunan kurikulum menjadi tanggung jawab setiap satuan pendidikan (sekolah dan madrasah) dengan demikian tidak lagi dikenal istilah kurikulum nasional yang dulu menjadi tanggung jawab pemerintah pusat.   
Kurikulum Sekolah  adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan.Dengan demikian warga sekolah terutama guru diharapkan lebih memahami, mengenal dengan baik, dan merasa memiliki kurikulum tersebut.Pengembangan dan penyempurnaan kurikulum yang berkelanjutan merupakan keharusan agar kurikulum selalu sesuai dengan kebutuhan. 
 
Kurikulum mencakup sikap spiritual, sikap sosial, kognitif/pengetahuan dan,ketrampilan (psikomotor), untuk pendidikan dasar bertujuan meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia dan ketrampilan sebagai bekal untuk hidup mandiri serta menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Dengan demikian Kurikulum merupakan acuan mewujudkan sekolah yang efektif, produktif dan berprestasi. 
 
Dalam masa pandemi Covid 19 ini pembelajaran dapat dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ), daring, luring, atau pembelajaran tatap muka terbatas. Pembelajaran jarak jauh adalah pembelajaran yang tidak dengan tatap muka tetapi menggunakan media yang berbasis internet baik dalam jaringan maupun diluar jaringan, daring adalah dalam jaringan yaitu pembelajaran yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan Learning Manajemen System (LMS), luring adalah luar jaringan yaitu  pembelajaran jarak jauh yang tidak menggunakan jaringan internet diantaranya menggunakan media televisi, radio, dokumen, youtube, atau video pembelajaran dan lainnya yang sejenis. Sedangkan pembelajaran tatap muka terbatas yaitu peserta didik  tidak mengikuti pembelajaran penuh dalam sehari, tapi diatur sesuai kebutuhan di sekolah masing-masing dan jumlah harinya tidak harus tiap hari, Moda pembelajaran yang akan dilaksanakan mengacu pada regulasi dan petunjuk teknis terbaru yang ditetapkan pemerintah. 
 
Kurikulum SD Negeri 01 Seloromo, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar dikembangkan sebagai perwujudan dari kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Kurikulum ini disusun oleh satu tim penyusun yang terdiri dari unsur sekolah dan komite sekolah dibawah koordinasi dan supervisi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar serta dengan bimbingan  nara sumber dari Tim Bimbingan Teknis Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar Kabupaten Karanganyar. Kurikulum ini merupakan sebuah dokumen yang akan diimplementasikan sebagai panduan proses pembelajaran,didalam kelas maupun diluar kelas. Sehingga pembelajaran berlangsung secara efektif dan efisien yang mampu membangkitkan aktivitas,kreatifitas peserta didik.Dalam hal ini para pelaksana kurikulum dituntut untuk melaksanakan sesuai dengan karakteristik SD Negeri 01 Seloromo Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar yang merupakan daerah pertanian,industri dan pariwisata. Para pendidik diharapkan menciptakan suasana pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan serta berdaya guna bagi peserta didik.
 
Kurikulum 2013 dirancang dengan karakteristik sebagai berikut: 
  1. Mengembangkan keseimbangan antara sikap spiritual dan sosial, pengetahuan, dan keterampilan, serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat; 
  2.  Menempatkan sekolah sebagai bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar agar peserta didik mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah ke masyarakat dan memanfaatkan masyarakat sebagai sumber belajar; 
  3. Memberi waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan; 
  4. Mengembangkan kompetensi yang dinyatakan dalam bentuk Kompetensi Inti kelas yang dirinci lebih lanjut dalam kompetensi dasar mata pelajaran; 
  5. Mengembangkan Kompetensi Inti kelas menjadi unsur pengorganisasi (organizing elements) Kompetensi Dasar. Semua Kompetensi Dasar dan proses pembelajaran dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang dinyatakan dalam Kompetensi Inti; 
  6. Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran dan jenjang pendidikan (organisasi horizontal dan vertical.
Kurikulum Sekolah Dasar Negeri 01 Seloromo ini diharapkan dapat dilaksanakan  secara maksimal, sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi lebih bermakna, menantang, kreatif, efektif, dan menyenangkan sehingga memiliki daya guna bagi peserta didik untuk menempuh pendidikan selanjutnya atau kelak terjun kemasyarakat.
 

Leave a Reply