Download Contoh Kurikulum Darurat Masa Pandemi Covid 19 Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2021/2022
by SDN 01 SELOROMO in Download 0
Kurikulum
adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan,isi, dan bahan
pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan
pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Undang-Undang
Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 36 ayat (1)
menyatakan bahwa “Pengembangan Kurikulum dilakukan dengan mengacu pada Standar
Nasional Pendidikan untuk mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional,” dan ayat (2)
menyebutkan bahwa “Kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan
dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan,
potensi daerah, dan peserta didik.” Pasal 38 ayat (2) menyatakan bahwa
“Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah dikembangkan sesuai dengan
relevansinya oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan dan Komite Sekolah/
madrasah di bawah koordinasi dan supervisi Dinas Pendidikan. Sejak keluarnya
PP. No. 19 Tahun 2005 secara resmi penyusunan kurikulum menjadi tanggung jawab
setiap satuan pendidikan (sekolah dan madrasah) dengan demikian tidak lagi
dikenal istilah kurikulum nasional yang dulu menjadi tanggung jawab pemerintah
pusat.
Kurikulum
Sekolah adalah kurikulum operasional
yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan.Dengan
demikian warga sekolah terutama guru diharapkan lebih memahami, mengenal dengan
baik, dan merasa memiliki kurikulum tersebut.Pengembangan dan penyempurnaan
kurikulum yang berkelanjutan merupakan keharusan agar kurikulum selalu sesuai
dengan kebutuhan.
Kurikulum mencakup sikap
spiritual, sikap sosial, kognitif/pengetahuan dan,ketrampilan (psikomotor), untuk pendidikan dasar bertujuan
meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia dan
ketrampilan sebagai bekal untuk hidup mandiri serta menempuh pendidikan yang
lebih tinggi. Dengan demikian Kurikulum merupakan acuan mewujudkan sekolah yang
efektif, produktif dan berprestasi.
Dalam
masa pandemi Covid 19 ini pembelajaran dapat dilakukan dengan pembelajaran
jarak jauh (PJJ), daring, luring, atau pembelajaran tatap muka terbatas.
Pembelajaran jarak jauh adalah pembelajaran yang tidak dengan tatap muka tetapi
menggunakan media yang berbasis internet baik dalam jaringan maupun diluar
jaringan, daring adalah dalam jaringan yaitu
pembelajaran yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan Learning
Manajemen System (LMS), luring adalah luar jaringan yaitu pembelajaran jarak jauh yang tidak
menggunakan jaringan internet diantaranya menggunakan media televisi, radio,
dokumen, youtube, atau video pembelajaran dan lainnya yang sejenis. Sedangkan
pembelajaran tatap muka terbatas yaitu peserta
didik tidak mengikuti pembelajaran penuh
dalam sehari, tapi diatur sesuai kebutuhan di sekolah masing-masing dan jumlah
harinya tidak harus tiap hari, Moda pembelajaran yang akan dilaksanakan mengacu
pada regulasi dan petunjuk teknis terbaru yang ditetapkan pemerintah.
Kurikulum SD Negeri 01 Seloromo,
Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar dikembangkan sebagai perwujudan dari
kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Kurikulum ini disusun oleh
satu tim penyusun yang terdiri dari unsur sekolah dan komite sekolah dibawah
koordinasi dan supervisi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten
Karanganyar serta dengan bimbingan nara
sumber dari Tim Bimbingan Teknis Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar
Kabupaten Karanganyar. Kurikulum ini
merupakan sebuah dokumen yang akan diimplementasikan sebagai panduan proses
pembelajaran,didalam kelas maupun diluar kelas. Sehingga pembelajaran
berlangsung secara efektif dan efisien yang mampu membangkitkan
aktivitas,kreatifitas peserta didik.Dalam hal ini para pelaksana
kurikulum dituntut untuk melaksanakan sesuai dengan karakteristik SD Negeri 01
Seloromo Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar yang merupakan daerah
pertanian,industri dan pariwisata. Para
pendidik diharapkan menciptakan suasana pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif,
dan menyenangkan serta berdaya guna bagi peserta didik.
Kurikulum
2013 dirancang dengan karakteristik sebagai berikut:
- Mengembangkan keseimbangan antara sikap spiritual dan sosial, pengetahuan, dan keterampilan, serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat;
- Menempatkan sekolah sebagai bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar agar peserta didik mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah ke masyarakat dan memanfaatkan masyarakat sebagai sumber belajar;
- Memberi waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
- Mengembangkan kompetensi yang dinyatakan dalam bentuk Kompetensi Inti kelas yang dirinci lebih lanjut dalam kompetensi dasar mata pelajaran;
- Mengembangkan Kompetensi Inti kelas menjadi unsur pengorganisasi (organizing elements) Kompetensi Dasar. Semua Kompetensi Dasar dan proses pembelajaran dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang dinyatakan dalam Kompetensi Inti;
- Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran dan jenjang pendidikan (organisasi horizontal dan vertical.
Kurikulum
Sekolah Dasar Negeri 01 Seloromo ini diharapkan dapat dilaksanakan
secara maksimal, sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi lebih
bermakna, menantang, kreatif, efektif, dan menyenangkan sehingga memiliki daya
guna bagi peserta didik untuk menempuh pendidikan selanjutnya atau kelak terjun
kemasyarakat.