Kurikulum Satuan Pendidikan Tingkat Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2024 / 2025 ~ SDN 01 SELOROMO -->
UNGGUL PRESTASI, LUHUR BUDI PEKERTI, BERKARAKTER, BERWAWASAN LINGKUNGAN

Kurikulum Satuan Pendidikan Tingkat Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2024 / 2025

by in , , 0

 

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah-Nya sehingga Kurikulum Sekolah Dasar Negeri 01 Seloromo Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2024/2025 dapat tersusun.

Kurikulum ini merupakan Kurikulum yang ditetapkan dan disahkan penggunaannya di Sekolah Dasar Negeri 01 Seloromo Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar pada Tahun Pelajaran 2024/2025  yang disusun sesuai dengan ketentuan Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Kurikulum ini diberlakukan pada Tahun Pelajaran 2024/2025 yang mencerminkan merdeka belajar dan memuat karakteristik satuan pendidikan, visi, misi, dan tujuan, pengorganisasian pembelajaran, pendekatan pembelajaran, serta evaluasi, pendampingan, serta pengembangan profesional.

Kurikulum ini dikembangkan dan disusun oleh Tim Pengembang Kurikulum yang terdiri atas guru, kepala sekolah dengan melibatkan komite sekolah, nara sumber, tenaga kependidikan dan pihak lain yang terkait. Koordinasi dan supervisi dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar.

Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mengembangkan dan menyusun kurikulum ini, khususnya kepada Tim Pengembang Kurikulum Sekolah Dasar Negeri 01 Seloromo Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar yang telah berusaha menyumbangkan tenaga dan pikirannya untuk tersusunnya kurikulum ini. Semoga kurikulum ini bermanfaat sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 01 Seloromo

DAFTAR ISI

 

Halaman Judul .......................................................................................................         i

Lembar Penetapan dan Pengesahan................................................................ .......       ii

Lembar Rekomendasi …………………………………………….................. …..      iii

Kata Pengantar ......................................................................................................       iv

Daftar Isi ................................................................................................................        v

                 

BAB I.   KARAKTERISTIK SATUAN PENDIDIKAN ......................................        6

A.    Peserta Didik..................................................................................        6

B.     Pendidik dan Tenaga Kependidikan............ ...............................       7

C.     Sosial-Ekonomi-Budaya Satuan Pendidikan..................................        8

D.    Hasil Analisis Raport Pendidikan..................................................        9

E.     Landasan Hukum............................................................................      12

BAB II . VISI MISI DAN TUJUAN SEKOLAH...................................................      13

A.    Visi Sekolah...................................................................................      13

B.     Misi Sekolah …………………………………..........................      13

C.     Tujuan Sekolah...............................................................................      13

BAB III. PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN........................................      15

A.    Struktur Kurikulum .......................................................................      15

B.     Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.....................................      25

C.     Ekstrakurikuler...............................................................................      29

BAB IV. PERENCANAAN PEMBELAJARAN..................................................      32

A. Ruang Lingkup Satuan Pendidikan................................................      32

B. Ruang Lingkup Kelas.....................................................................      34

C. Integrasi Hasil Analisis Rapot Pendidkan dalam

     Pengelolaan Pembelajaran…………………………................      34

      BAB V. ASESMEN, KRITERIA KENAIKAN DAN KELULUSAN ………….       36

A.    Asessmen ………………………………………………………..      36

B.    Kriteria Kenaikan kelas dan Kelulusan …………………………      39

BAB VI.  EVALUASI, PENGEMBANGAN  PROFESIONAL,

                 DAN PENDAMPINGAN ....................................................................      41

A.    Evaluasi .........................................................................................      41

B.     Pendampingan dan Pengembangan Profesional …………............      42

      BAB VII, PENUTUP ………………………………………………………........      43

 

LAMPIRAN

1.    SK Tim Pengembang Kurikulum

2.    SK Pembagian Tugas Mengajar

3.    Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

4.    Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran  (KKTP)

5.    Modul Ajar Mata Pelajaran

6.    Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

7.    Kalender Pendidikan

8.    Jadwal Mata Pelajaran dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar pada Tahun Ajaran 2024 / 2025

 

 

 KARAKTERISTIK SATUAN PENDIDIKAN

 

Sekolah Dasar Negeri 01 Seloromo Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar berdiri sejak tahun 1948 yang beralamat di Prapatan Rt 02 Rw 02 Desa Seloromo Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar. Sekolah Dasar Negeri 01 Seloromo Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar terletak pada daerah perbatasan antar kabupaten. Lingkungan sekolah berada di perkampungan sehingga menjadi salah satu kekuatan pendukung dalam proses pembelajaran. Lokasi sekolah ini menyebabkan beragamnya latar belakang dari peserta didik dan orang tua. Hal ini juga berpengaruh terhadap proses pembelajaran serta adaptasi lingkungan dan sosial budaya bagi peserta didik.

Karakteristik Sekolah Dasar Negeri 01 Seloromo Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar berdasarkan analisis konteks pada tahun pelajaran 2024/2025 dideskripsikan untuk memberikan gambaran secara umum tentang kondisi riil sekolah saat ini, yang meliputi: peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan dan sosial ekonomi budaya

Letak geografis Sekolah Dasar Negeri 01 Seloromo Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar membentuk latar belakang sosial yang beragam. Masyarakat di sekitar Sekolah Dasar Negeri 01 Seloromo Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar bekerja di berbagai sektor baik itu sektor buruh, pedagangan, swasta dan pegawai pemerintah.  Hal ini membentuk karakteristik peserta didik yang beragam pula baik pada kemampuan kognitif maupun psikomotor. Mayoritas peserta didik beragama Islam, namun tetap menghargai keragaman dalam agama dan keyakinan. Sekolah Dasar Negeri 01 Seloromo Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar berada di wilayah Desa Seloromo yang memiliki latar sosial budaya yang beragam.

Berdasarkan keragaman sosial budaya tersebut maka dapat memperkuat alasan Profil Pelajar Pancasila mampu diimplemetasikan secara utuh di Sekolah Dasar Negeri 01 Seloromo Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar dengan motto ”BERSIH” (Berkarakter, Empati, Ramah, Sehat, Indah dan Humanis). Maka dalam penyusunan Kurikulum, karakteristik peserta didik dengan keragaman kemampuan dan latar belakang sosial menjadi pertimbangan utama agar terwujud pendidikan yang berkeadilan dalam kebhinekaan Global dengan menerapkan pembelajaran yang berdiferensiasi

 

 Download Kurikulum Satuan Pendidikan Tingkat Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2024 / 2025




Leave a Reply