Penilaian Pembelajaran Matematika secara Live Modus dengan Quizizz Oleh Suparso, S.Pd SD ( SDN 01 Seloromo ) ~ SDN 01 SELOROMO -->
UNGGUL PRESTASI, LUHUR BUDI PEKERTI, BERKARAKTER, BERWAWASAN LINGKUNGAN

Penilaian Pembelajaran Matematika secara Live Modus dengan Quizizz Oleh Suparso, S.Pd SD ( SDN 01 Seloromo )

by in 0

 

Dengan diberlakukannya pembelajaran daring, online, atau pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19 ini, guru khususnya harus benar-benar lebih ekstra dan peka dalam menghadapi pembelajaran seperti ini. Memikirkan bagaimana pembelajaran yang sangat efektif bagi siswa, sehingga pembelajaran yang dilakukan seperti halnya pembelajaran di kelas. Memang pasti beda dengan pembelajaran di kelas, namun bagaimana mengemas pembelajaran daring ini, siswa juga antusias dalam pembelajaran. Tidak hanya itu, penilaian pembelajaran matematika khususnya harus diperhatikan. Bagaimana penilaian pembelajaran secara daring itu tidak membebani siswa dan siswa lebih bertanggungjawab serta semangat dalam proses penilaiannya. Untuk itu, adanya aplikasi online Quizizz dapat dijadikan sebagai alternatif penilaian pembelajaran yang berpusat pada siswa, terutama untuk menunjang pembelajaran di era pandemi seperti sekarang ini.
Quizizz yang berbasis games dapat sebagai alternatif penilaian pembelajaran yang dikemas dengan menarik dan tidak monoton, diharapkan mampu memotivasi siswa untuk lebih giat belajar sehingga siswa akan merasa tertantang dan tertarik untuk serius dalam proses penilaian pembelajaran. Quizizz dapat dijadikan sebagai alternatif penilaian pembelajaran matematika secara live modus atau asynchronous learning.

Quizizz ini sangat mudah diterapkan oleh guru untuk siswanya. Belajar sambil seperti bermain game, membuat siswa nyaman dan termotivasi untuk belajar. Terlebih belajar pelajaran matematika. Quizizz ini memadukan belajar, bermain (games), dan kreativitas siswa. Quizizz sangat melibatkan siswa untuk belajar dan termotivasi untuk menghadapi soal- soal yang diberikan. Quizizz sebagai alat yang mudah, cepat, cerdas dan aman bagi pengguna untuk membuat pertanyaan pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Quizizz ini sudah diimplementasikan oleh para peneliti sebelumnya dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar.
Penilaian dengan live modus disini adalah penilaian dengan Quizizz dilakukan secara langsung pada saat pembelajaran yang mana guru sebagai operator. Pada live modus ini terdapat dua pilihan yaitu classic dan instructor-paced. Penilaian live modus classic types ini ialah guru memonitor hasil kerja siswa secara langsung yang mana siswa mengerjakan soal tersebut secara mandiri. Penilaian live modus dapat dilakukan dengan tiga cara. Pertama, siswa menjawab dengan kecepatan mereka sendiri, tetapi skor dikelompokkan berdasarkan tim. Kedua, siswa menjawab dengan kecepatan mereka sendiri, bersaing secara individu, dan bersenang-senang di sepanjang waktu penilaian, Ketiga, siswa harus memiliki akun sendiri. Dengan demikian, penilaian live modus tipe classic ini yang pertama dan kedua tidak perlu siswa memiliki akun, sedangkan ketiga, siswa harus memiliki akun terlebih dahulu. Sedangkan penilaian live modus tipe instructor-paced ialah guru mengakomodir penilaian secara bersama dengan setiap siswa, sehingga penilaian ini dapat menunjukkan salah satu siswa yang mau menjawab, dan siswa lainnya dapat melihat secara langsung jawaban dan kebenaran jawaban siswa tersebut.

Untuk penilaian secara asynchronous learning pada Quizizz sangat cocok untuk pembelajaran daring. Penilaian asynchronous learning seperti tugas online bagi siswa yang diberikan oleh pengajar. Penilaian asynchronous learning ini tersinkron dengan google classroom, sehingga guru dengan mudah memberikan tugas online Quizizz ini pada siswa. Penilaian asynchronous learning juga dilengkapi dengan timer. Jadi, guru dapat mengatur tugas online ini dapat dikerjakan oleh siswa sampai tanggal berapa dan waktu pengerjaan tugas ini juga dapat dibatasi dengan waktu tertentu. Dengan penilaian ini pastinya siswa akan lebih aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan penilaiannya.

Sumber: Poskita

 

 

 

Leave a Reply